Apple Vs Samsung

Apple Vs Samsung

Hai kawan Lagi dan lagi ketemu saya yaah, jangan bosan lho yaah kawan… Topik yang akan saya bahas di dalam artikel kali ini adalah mengenai Apple vs Samsung. Persaingan dua perusahaan ini memang sangat ketat, terutama yang berhubungan dengan gadget. Kedua perusahaan tersebut bertemu kembali di pengadilan. Lagi-lagi dua perusahaan tersebut meributkan mengenai hak paten pada gadget yang mereka gunakan. Meskipun persidangan ini merupakan yang kedua, kasus ini memiliki daya tarik tersendiri.

Daya tariknya berasal dari dokumen-dokumen yang diajukan di persidangan sebagai pendukung atau barang bukti. Dokumen tersebut berisi fakta yang selama ini belum terungkap ke masa baik dari berasal dari Apple maupun Samsung, salah satu fakta yang terungkap yaitu mengenai strategi dan teknologi yang dimiliki oleh dua perusahaan raksasa tersebut. Adapun temuan-temuan dari kasus yang ada dalam persidangan yang melibatkan Apple melawan Google, ini lha beberapa rangkuman yang telah dibuat:

  1. Perang suci
    Steve Jobs selaku pendiri Apple menggunakan istilah perang suci, karena menurut Steve Jobs untuk menggambarkan persaingan yang terjadi denga Google Android
  2. Samsung pernah mau campakkan android
    Dalam dokumen yang dipaparkan di pengadilan memperoleh hasil bahwa dulu Samsung mempunyai niat untuk meninggalkan platform Android. Samsung sendiri mempunyai alasan, yaitu samsung memilih menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri karena perusahaan tersebut merasa kesulitan mendapatkan update dari Google
  3. Apple akui kesalahan
    File perusahaan Apple menunjukkan strategi yang diterapkan Apple selama ini salah, perusahaan tersebut berasumsi bahwa para konsumen ingin produk yang tidak mereka miliki.
  4. Apple cemburu dengan Samsung
    Ternyata perusahaan Apple bisa cemburu dengan perusahaan saingannya, yaitu Samsung sebagaimana yang diungkapkan oleh petinggi Apple “kita punya pekerjaan rumah yang sangat banyak untuk membalikkan keadaan”
  5. Prioritas utama Samsung, mengalahkan Apple
    Dalam dokumen Samsung tentang rencana strategi Samsung pada 2011, berisi bahwa prioritas Samsung yaitu mengalahkan perusahaan Apple dalam segala hal. Jadi semua yang dilakukan oleh Samsung harus dalam konteks mengalahkan perusahaan Apple
  6. Sebelum iPhone, Android tak tertarik layar sentuh
    Smartphone yang berbasis android awalnya tidak akan menggunakan layar sentuh, dengan dalih tombol fisik yang berukuran kecil. Fakta akhirnya terkuak, dari dokumen yang berjudul “Android Project Software Functional Requirements Document’ versi 0.91 yang diterbitkan pada 6 Juli 2006. Saat itu, perusahaan Apple dengan produk iPhone nya dan dengan dilengkapi layar sentuhnya justru membuat perusahaan Google malu karena kesuksesan Apple dengan produk iPhone nya yang mengusung teknologi layar sentuh justru banyak ditiru oleh vendor-vendor sampai saat ini.
  7. Galaxy Tab adalah sebuah kegagalan
    Pada tahun 2010, banyak berbagai kalangan memertanyakan tentang keabsahan data yang dikeluarkan oleh Samsung, yaitu bahwa produk tablet PC nya yaitu Galaxy Tab sudah terjual lebih dari 2 juta unit. Angaka tersebut diartikan oleh beberapa pihak adalah jumlah tablet yang disalurkan oleh Apple ke retailer-nya, bukan dari yang terjual ke tangan konsumen. Perusahaan Samsung sendiri menolak untuk mengatakan hasil jumlah penjualan Galaxy Tab yang terjual sesungguhnya, namun sumber lain, Apple Insider, menunjukkan bukti yang sebenarnya bahwa angka yang sebenarnya jauh lebih sedikit yaitu sekitar 1 juta penjualan pada Bulan Juni 2011.
  8. Pengontrol untuk Apple TV disebut “tongkat sihir”
    Pendiri Apple, Steve Jobs, mengindikasi bahwa akan membuat Apple TV. Jobs sendiri bahkan menyebut pengontrol untuk Apple TV dengan tongkat sihir (magic wand)
  9. Samsung mengikuti rumor-rumor seputar iPhone
    Perusahaan Samsung sendiri secara diam-diam mengikuti perkembangan seputar iPhone, termasuk isu dan spekulasi-spekulasinya. Dalam dokumen yang dikeluarkan pada tahun 2012 tentang rencana strategi perusahaan mengatakan bahwa Samsung harus bersiap diri menghadapi produk yang dikeluarkan oleh Apple yaitu iPhone 5 yang memiliki berbagai fitur antara lain jejaring sosial, LTE, integrasi cloud, dan siri yang lebih ditingkatkan. Prediksi dari Samsung pun terbukti dalam iPhone 5
  10. Keduanya saling tiru
    Ada beberapa macam dokumen yang dumunculkan dalam persidangan Samsung dan Apple menunjukkan bahwa saling meniru merupakan hal yang lazim. Samsungs sendiri dilaporkan telah melakukan analisis terhadap software produk Apple dengan tujuan untuk meningkatkan sistem operasinya, sementara itu, dalam dokumen yang lain disebutkan Steve menginginkan agar Produk Apple bisa mengejar android terutama dalam hal tethering, notifikasi, dan teknik pengenalan suara yang dimiliki Android.

Gimana kawan, semoga artikel saya ini bermanfaat buat kalian semua kawan. Kalau ada yang mau dipertanyakan, komen aja kawan, nggak dilarang kok..hehehe Terima kasih sudah mengunjungi blog kami, ketemu di artikel lain ya kawan.

About the author

admin administrator

Leave a Reply